Bahaya Mata Merah dan Penyebabnya

Pernahkah melihat mata yang sangat merah? Dalam dunia nyata kita tentu pernah melihat hal seperti itu. Mata merah itu disebabkan oleh banyak faktor baik faktor fisik maupun faktor penyakit. Sering juga kita lihat ditv ada orang yang matanya merah. Seperti film horor yang menatap tajam dan sangat merah sekali. 
                           gb. Mata sehat 
Mata merah diistilahkan konjungtivis. Kejadiannya saat membran transparan atau kunjungtivis klopak mata dan bagian putih bola mata meradang. Banyak hal yang bisa menyebabkan mata merah. Diantara penyebab utama mata merah yaitu reaksi alergi, infeksi virus dan infeksi bakteri. Reaksi alergi tidak menular. Tetapi bakteri dan virus terjadi penularan. 

Reaksi alergi dapat menyebabkan mata menjadi meradang atau membengkak dimana yang bisa membuat pembulu darah kelihatan. Mata yang seperti itu mengalami iritasi atau infeksi. Mata yang iritasi akan terasa gatal dan meneluarkan air mata. Karena begitu gatal akhirnya kita gosok. Menggosok secara berlebihan membuat pembengkakan pada kelopak mata. 
Sumber : flickr.com
                   Gb. Mata Merah                      
Cara mengatasi mata merah biasanya kita melihat penyebabnya. Kalau iritasi disebabkan oleh bakteri biasanya cukup diberikan antibiotik maka iritasi akan teratasi. Sementara kalau disebabkan oleh virus tidak ada jalan lain kecuali menunggu sampai sembuh.
Baca juga:
Pengaruh alergi atau virus bisa diberikan dengan kompres dengan air hangat.juga bisa diberikan obat tetes. Dan yang tak kalah pentingnya adalah menjaga kebersihan. Rajin cuci tangan apabila mau menyentuh mata. Usahakan kuku di potong secara berkala. Pakaian lain yang bisa menularkan virus bakteri seperti bantal jangan bergantian pakai. 

Cara mencegah yang lain yaitu rajin konsumsi madu, hanbbatussaudah dan berbagai buah warna seperti wartel, tomat, cabe dll. 

Semoga bermanfaat

By. Amran

Comments

Popular posts from this blog

Lensa Progresive vs Lensa Cryptok

Lensa Bluray