Cara Merawat Mata

Mata dikatakan sebagai jendela dunia. Untuk menikmati dunia dan segala isinya diperlukan mata untuk memandangnya. Bisa dirasakan bagaimana gelapnya ketika mati lampu. Tentu kita tidak bisa melihat apa-apa. Yang kita lihat cuma hitam pekat.

Bagaimana seandainya penglihatan kita dicabut oleh Allah? Tentu kita akan merasa stres karena gelapnya permanen. Tidak ada lagi siang, tidak ada lagi malam. Semuanya jadi gelap. Ada orang penglihatan memang tidak berfungsi sejak lahir dan ada juga karena kecelakaan serta ada juga karena pengaruh tua.

Supaya mata kita tetap awet dan bisa melihat dunia sepanjang umur maka perlu kita bersyukur dan semantiasa menggunakan mata untuk mencari ridha Allah. Senantiasa merawat kita punya mata dengan tidak melihat hal-hal yang dilarang Allah. Berkut ini hal-hal yang harus kita lakukan untuk merawat mata:

1. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah.

Wartel adalah salah satu sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kadungan vitamin A dan vitamin yang lainnya membuatnya dijadikan pilihan. Juga memiliki anti oksidan yang tinggi untuk memelihara kesehatan. Beta karoten juga ada pada wartel yang mana sangat dibutuhkan untuk memperbaiki sel-sel tubuh. Baca juga : Bahaya mata merah 

Mentimun sangat baik untuk mengobati kantung mata. Bisa menghilangkan kantung mata yang kelihatan. Caranya, iris-iris halus timun kemudian simpan di kelopak mata sekitar 10 menit. Lebih baik lagi kalau dalam keadaan dingin. Biasanya diberikan pada malm hari sebelum tidur. Tujuannya untuk membuat kantun mata jadi kencang dan mata diistirahatkan.

Sayur-sayuran yang kaya akan lutein dan zeaxanthin merupakan karotenoid yang bisa mengurangi resiko katarak serta degenerasi daya penglihatan yang biasa disebabkan gangguan pada pusat retina mata.

Konsumsi buah-buahan lain seperti cerry, buah berry, buah naga, pepaya atau semuah buah yang berwarnadapat menangkalradikal bebas dari sinar matahari, polusi dan debu yang mengenai mata.

2. Rutin melakukan olahraga dan konsumsi multivitamin seperti C,E,B6 dan B12

3. Hindari Kebiasaan berikut:

  • Jangan membaca ditempat yang gelap atau redup. Atau jangan menatap hp pada saat lampu kamar sudah dimatikan.
  • Kalau menonton lektop, hp, tv usahakan istirahat sejenak setelah mencapai waktu 20 -30 menit dan lihat pemandangan diluar rumah. Gunakan filter pada monitor dan jaga jarak dari monitor. Tujuannya agar mata tidak silau. 
  • Kalau beraktifitas luar gunakan kacamata pelindung  yang bisa melindungi mata dari uv. 
  • Kalau tidak penting sekali jangan gunakan tetes mata
  • Bila membaca gunakan penerangan yang cukup dan jangan terlalu dekat dengan mata saat membaca. Beri jarak sekitar 20 hingga 30 menit 

Comments

Popular posts from this blog

Lensa Progresive vs Lensa Cryptok

Lensa Bluray

Bahaya Mata Merah dan Penyebabnya