Jangan Biasakan Baca Sambil Tiduran

Kebiasaan tidur sambil membaca merupakan kebiasaan jelek dan akan berdampak kepada kesehatan mata kita. Terjadinya gangguan mata tersebut karena dipaksakannya saraf mata untuk bekerja. Mata cepat lelah karena sebenarnya orang yang terbiasa baca tidur alasannya capek baca duduk. Kebiasaan baca baring menyebabkan mata menjadi sayu. Akibat yang lebih parah bisa menyebabkan mara buta. Sedapat mungkin diberikan pemahaman kepada generasi kita untuk menghindari baca baring. Anak-anak kita harus menjadi perhatian utama untuk diberitahu. Berbagai dampak yang mungkin timbul akibat sering membaca tidur diantaranya:
  • Mata jadi Minus
Mata minus yaitu mata tidak bisa melihat jelas penglihatan jauhnya. Sering membaca minus menyebabkan pertambahan ukuran minus. Mula-mula gejala baca baring menyebabkan gangguan mata ikan. Bila kebiasaan itu tetap berlanjut lama kelamaan mata akan semakin parah.Mata
  • Jadi Merah
Merahnya mata bisa terjadi karena memaksakan mata untuk membaca hp. Akibat karena dipaksa mata menjadi lelah. Antara terpejam dengan tidak terpejam karena kita juga menginginkan tidur tetapi dipaksa untuk membaca. Akibatnya mata menjadi merah. Apa lagi pada saat membaca kondisi penerangan redup akan sangat berbahaya. Selanjutnya membaca sambil baring hp bisa menyebabkan otak salah merespon. Maksunya pada malam hari radiasi yang dipancarkan hp terlalu terang. Otak mengira kondisinya siang padahal malam hari. Hal ini terjadi karena hp dirancang supaya terang walaupun gelap tetap membaca. Baca juga: bahaya mata merah dan penyebabnya
  • Kualitas Tidur Memburuk
Tidur akan terganggu manakalah tiduran sambil main hp. Terkadang kita antara bangun dan tidur atau tidak vokus dua-duanya. Tidak tidal nyenyak karena terganggu oleh hp baik visual maupun tulisan yang kita baca. Kita butuh tidur 8 sampai 9 jam perhari. Tetapi kecanduan hp bisa2 tidurnya cuma 2 jam perhari. Kenapa bisa begitu? Mari kita lihat sementara membaca artikel sambil baring, belum selesai artikel terbaca tiba-tiba tertidur. Biasanya tidurnya 15 menit terkaget bangun lagi untuk menyelesaikan bacanya. Begitulah terus-terusan seperti itu. Akhirnya tidur kurang menyenabkan sakit mata, loyo, tidak fokus dan terkadang lupa-lupa ingat.
  • Kena Radiasi Hp
Inilah yang paling berbahaya pada pemakai Hp radiasi yang dipancarkan sangat berbahaya. Sinar ultra violet tersebut kalau kena mata terus menerus sepanjang waktu akan sangat berbahaya. Maka hendaknya kita memakai kacamata anti radiasi komputer. Lensa yang bagus untuk kita pakai misalnya lensa bluray atau lensa antiradiasi biru. Yang paling berbahaya dari radiasi tersebut adalah radiasi ungu.

Demikianlah dampak radiasi kacamata bagi kesehatan . Semoga bermanfaat.
By. Amran



Comments

Popular posts from this blog

Lensa Progresive vs Lensa Cryptok

Lensa Bluray

Bahaya Mata Merah dan Penyebabnya