Katarak dan Penyebabnya

Kebanyakan orang yang kena katarak adalah orang yang berusia senjah. Karena usia mempengaruhi seluruh aspek tubuh. Bukan hanya mata tetapi semua organ yang lain. Misalnya paru-patu, darah tinggi, gula dan lain-lain. Tetapi jangan dulu pessimis ternyata tidak semua orang kena katarak. Dari info yang perna saya baca katanya dari 2 juta orang yang tidak kena katarak ada sekitar 500.000 orang yang tidak kena. 50 persen yang kena katarak mengalami kebutaan. Indonesia menempati urutan kedua setelah Eutopia dan uruta pertama di Asia. Luar biasa kita berperestasi dibidang ini.
Baca : 
Katarak menyebabkan susahnya untuk berinteraksi karena mata tidak bisa melihat jelas ke suatu benda. Walaupun pakai kacamata ternyata juga tidak bisa membantu. Apalagi kalau kita berkendaraan sangat susah sekali untuk melihat sempurna. Jadi hati-hati jangan berkendaraan sendiri kalau katarak.
                Sumber: flickr.com
Katarak mulai terjadi antara umur 40 sampai dengan 50 tahunan. Katarak pada saat itu sifatnya masih ringan. Nanti 60 tahunan keatas baru berbahaya karena dapat mengakibatkan kebutaan. Supaya dampak tidak terlalu terasa alangka baiknya kita membahas dulu penyebab katarak diantaranya:

Pengaruh Gizi

Gizi yang tidak seimbang berlebih atau kurang bisa menyebabkan penyakit. Olehnya itu diumur senja harus memperhatikanasupan gizi yang dikensumsi. Karena kalau tidak bisa menyebabkan penyakit tertentu dalam tubuh. Salah satu yang sangat ditakutkan adalah katarak.
Karatenoit, vitamin E dan C itu adalah vitamin yang perlu kita konsumsi supaya gizi dalam tubuh seimbang dan mencegah radikal bebas. Onformasi yang pernah saya dengar katanya jangan terlalu konsumsi putih telur kalau katarak. Tidak ada salahnya kita menghindari putih telur demi kesehatan mata kita.

Obat-obatan

Mengkonsumsi obat kimia yang berlebihan ketika muda biasanya resiko kena katarak lebih besar.

Radiasi UV

Hampir semua alat eletronik memancarkan radiasi uv. Dengan tren penggunaan eletronik begitu besar melanda kita khususnya gadget dan bahkan dalam 1 hari barang kali 50 % waktu kita dihadapan eletronik khususnya hp,lektop, tv. Bahkan anak-anak tidak lepas dari itu. Maka sangatlah berbahaya bagi kelangsungan hidup dimasa mendatang. Mari kita gunakan kacamata anti radiasi dan konsumsi gizi yang cukup.Penyebab lain misalnya glukoma, luka mata, darah tinggi dan penyakit gula. Yang lain seperti penyakit bawaan ketika ibu hamil membawa penyakit keanak tetapi itu jarang terjadi.

Ciri-ciri Katarak
Mungkin orang yang terkena katarak mungkin memiliki sifat sbb
  • Mata menjadi kabur atau buram tidak jelas penglihatan. 
  • Ada bintik kecil pada mata
  • Penglihatan kabur dibeberapa bidang visi
  • Visi memburuk ketika peneranan menjadi redup
  • Juga penglihatan tidak baik ketika pada lampu yang terlalu terang atau menyilau
  • Ketika ukur kacamata biasanya tidak ada yang cocok walaupun ganti-ganti terus dan akhirnya tidak lagi efektif
  • Ketika melihat lampu seperti cincin putih disekitar benda terang atau lampu jalan atau biasa berpenglihatan ganda.

Comments

Popular posts from this blog

Lensa Progresive vs Lensa Cryptok

Lensa Bluray

Bahaya Mata Merah dan Penyebabnya